membuat perhitungan luas segitiga dengan netbeans

membuat perhitungan luas segitiga dengan netbeans

pertama buka aplikasi netbeans. kali ini saya akan menggunakan dengan netbeans IDE 8.0.

klik file-new project.

klik java-next

ketik nama pada project name. kali ini saya akan memberi nama "cah wanusobo".
pastikan centangan tidak di klik

klik kanan project-new-jframe form...klik

namai sesuai keinginan agan. kali ini saya akan memberi nama sama seperti project "cahwanusobo" tanpa spasi.
pilih penyimpanan sesuai keinginan agan. kali ini saya akan menyimpan di "C:\Users\taufiq\Documents\NetBeansProjects\cah wanusobo\src\NewJFrame.java".
klik finish.
maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini

isi foam dan namai seperti dibawah ini

lalu rename jlabel, jtextfield dan jbutton. dan hsilnya seperti dibawah ini

untuk mempermudah codingnya, jtextfield, jbutton sebaiknya ganti variabelnya dengan cara klik kanan-change variable name..

beri nama sesuai keinginan agan. kali ini saya akan memberi nama txtalas, txttinggi, txtluas,btnhirung,btnkeluar klik oke.

karena txtluas tidak di isi maka buang centangan editablenya

klik 2 kali pada button.
lalu isi script seperti dibawah ini

untuk keluar klik 2 kali btn keluar lalu isi script seperti dibawah ini

jalankan program dengan cara klik RUN seperti gambar dibawah ini atau klik F6

isi kemudian hitung, maka hasilnya seperti dibawah ini


terima kasih agan-agan sudah mau baca, maaf bila kurang jelas kata-katanya. bila ada yang mau ditanyakan bisa coment.

tag:
netbeans
java
program sederhana java
program sederhana netbeans
program luas segitiga
pemrograman berorientasi objek