penerapan teknologi informasi pada strategi bisnis (PSSI)

penerapan teknologi informasi pada strategi bisnis (PSSI)


Mengapa Strategi SI Perlu Dibuat?
  • Sumber daya yang dimiliki perusahaan sangat terbatas sehingga perlu dioptimalkan.
  • Untuk meningkatkan daya saing atau kinerja perusahaan, karena para kompetitor memiliki sumber daya teknologi yang sama.
  • Untuk memastikan bahwa asset teknologi informasi dapat dimanfaatkan secara langsung maupun tidak langsung meningkatkan profitabilitas perusahaan, baik berupa peningkatan pendapatan atau revenue maupun pengurangan biaya-biaya atau costs.
  • Untuk mencegah terjadinya kelebihan investasi (over investment) atau kekurangan investasi (under investment) di bidang teknologi informasi.
  • Untuk menjamin bahwa teknologi informasi yang direncanakan dan dikembangkan benar-benar menjawab kebutuhan bisnis perusahaan akan informasi.

Unsur-unsur Dalam Strategi SI
  1. Sistem Informasi : jenis-jenis informasi apa saja yang dibutuhkan oleh perusahaan dan hal-hal yang berkaitan dengannya (kecepatan proses pengolahan data menjadi informasi, tingkatan detil informasi, cara menampilkan informasi, volume dan transaksi informasi, penangung jawab informasi, dan lain sebagainya).
  2. Teknologi Informasi : komponen-komponen perangkat keras (komputer, infrastruktur, alat komunikasi, dll.) dan perangkat lunak (aplikasi, sistem operasi, database, dll.) yang harus tersedia untuk menghasilkan sistem informasi yang telah didefinisikan.
  3. Manajemen Informasi : perangkat manusia (brainware) yang akan mengimplementasikan sistem informasi yang dibangun dan mengembangkan teknologi informasi sejalan dengan perkembangan perusahaan di masa mendatang.

Penyusunan Strategi SI Hendaknya Memperhatikan :
  • Business Strategy
  • Business Trends
  • Competitor Analysis
  • IT/IS Trends
  • Existing IT/IS

Keunggulan Strategis Bisnis Berbasis TI
  • Find out more about customer requirements.
  • Monitor customer perceptions of service.
  • Enable rapid and accurate response to customer queries.
  • Provide a range of delivery options to meet customer needs.
  • Reduce new product introduction lead times.
  • Enable knowledge sharing across the organization to facilitate innovation.

Kunci Sukses Bisnis Berbasis TI
  1. Identifying the target market, and developing a unique base of information about the selected market and its needs.
  2. Establishing a specialist process via systems to produce a clear cost advantage or distinctive customer value proposition vis-a`-vis general market servers.
  3. Linking the organization via systems into the business processes of customers to increase switching costs and establish potential barriers to re-entry from general market servers.

Aspek Penting Dalam Penyusunan Strategi
  • Natural selection stipulates that organizations that use high-payoff strategies have competitive advantages over those using low-payoff strategies.
  • Imitation describes how organizations mimic the practices of successful peers in their industry.
  • Reinforcement is concerned with how organizations monitor their own behaviors and favor the strategies that resulted in high payoffs in the past.
  • Best reply is the behavior where in organizations formulate their strategies based on what they expect their competitors will do.