PROPOSAL STUDI KELAYAKAN BISNIS USAHA TERNAK AYAM ORGANIK

PROPOSAL STUDI KELAYAKAN BISNIS USAHA TERNAK AYAM ORGANIK

KERANGKA PROPOSAL
STUDI KELAYAKAN BISNIS
USAHA TERNAK AYAM KAMPUNG ORGANIK
BAB I
PENDAHULUAN
A.                Latar Belakang
Kesadaran akan kebutuhan protein hewani yang sehat dan berkualitas semakin meningkat seiring dengan tingkat ekonomi masyarakat. Prospek pemilihan protein hewani dijadikan sebagai cara meningkatkan taraf ekonomi entrepreneurship pada komoditi ayam kampung yang memiliki potensi tersendiri dibanding ayam ras seperti broiler ataupun ras-ras lain. Alasan memilih ternak ayam kampung asli adalah :
1.      Harga relatif lebih tinggi
Harga daging maupun telur ayam kampung asli memiliki nominal yang lebih tinggi dibanding ayam ras seperti DOC Super ataupun broiler, karena pemeliharaan memerlukan waktu dan biaya yang lebih dibanding ayam ras. Selain itu, harga tinggi disebabkan masih kurangya jumlah peternak ayam kampung asli. Tim sendiripun masih kesulitan mencari telur dan bibit unggul.
2.      Nutrisi yang lebih dari ayam dan daging telur
Ayam kampung memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi dari pada ayam ras. selain itu, lemak yang rendah dan berbagai protein yang dibutuhkan oleh tubuh manusia terdapat dalam ayam kampung organik.
3.      Pemeliharaan mudah
Pemeliharaan yang mudah juga menjadi alasan pemilihan ternak ayam kampung asli. Kita sudah sering menjumpai di daerah sekitar yang memelihara ayam kampung asli. Namun, persoalannya kini ialah bagaiman menjadikan ternak ayam kampung lebih intensif dan optimal.
4.      Potensi pasar masih bagus
Banyak di antara konsumen lebih memilih ayam kampung asli ketimbang ayam ras. Mereka beranggapan ayam kampung masih menjadi pilihan dan mempunyai kelebihan tersendiri. Ayam ras seperti broiler dan ayam kampung super berasa hambar, disbanding dengan ayam kampung asli.
Dari sisi permintaan akan ayam kampung menitik beratkan perkembangan produksi. Salah satu kelebihan ayam kampung adalah dari segi perkembangan. Perkembangan tersebut ialah menyangkut berat badan ayam kampung dan usianya dapat diusahakan konstan. Oleh karena itu, banyak rumah makan atau konsumen dari pedagang kuliner menginginkan berat dan jumlah yang seimbang dan hampir sama persis pada ayam kampung sesuai dengan umurnya. Sedangkan, ayam kampung super atau broiler tidak demikian
5.      Ternak Multi Fungsi
Ternak ayam kampung organik merupakan ternak multi fungsi, yakni dari setiap produksinya dapat menghasilkan rupiah. Dari sisi lainnya, kotoran ternak dan air tidak menyebabkan polusi karena dari tahap pemeliharaan , zeolite digunakan untuk mencegah polusi bau. Selain itu, ayam kampung sendiri mampu dijadikan sebagai tujuan bisnis yang berbeda seperti suara kokok (ayam hias), ayam aduan, ayam pedaging, ayam petelur, bahkan sebagai klangenan atau untuk adat (ayam cemani).
Oleh karena itu , kami menyimpulkan bahwa prospek ternak ayam kampung organik ini sangat memberikan harapan yang prospektif entrepreneur.
B.                 Gambaran Umum Potensi Usaha
Usaha ternak ayam alami memerlukan keuletan dan ketelitian dalam pengembangan produk, pemasaran dan keberlanjutan (ongoing formation breeding). Sehingga nampak di tiap periode keempat dalam bulan dapat dilihat dari segi prospek laba dan kesehatan produk di tahapan-tahapannya. Ternak ayam kampung organik juga tidak menambah polutan seperti bau kotoran ayam dan sampah makanan. Hal ini disebabbkan karena adanya zeolite dan empon-empon yang ikut mengurangi bau tidak sedap dari peternakan di tengah pemukiman. Oleh karena itu, disimpulkan bahwa ternak tipe ini layak dikembangkan.

C.                 Gambaran Umum Industri
Dengan mengacu terhadap kebijakan pemerintah yang mengarah pada arus impor beberapa komuditas hasil peternakan, tentunya akan memberikan peluang bagi pemilik modal untuk membidik pasar yang berkaitan dengan hal tersebut. Salah satu unit usaha yang mungkin layak untuk dijalankan adalah unit usaha ternak ayam kampung organik. Persaingan dalan usaha ternak ayam kampung organik memang sudah kompetitif. Untuk dapat bersaing dalam usaha yang bersangkutan, salah satu cara yang dilakukan adalah dengan melakukan pemilihan segmen yang tepat, potensial dan belum banyak digarap oleh pihak lain, kemudian menawarkan beberapa keunggulan dan nilai lebih bagi konsumen yang menjadi segmen usaha kita.

file lenkapnya silahkan download di google drive