Part 1
A.
Pengertian bisnis
Manusia
di dalam kehidupannya selalu dihadapkan pada usaha untuk memenuhi kebutuhannya
baik kebutuhan fisik maupun sandang, pangan, papan, kesehatan, pendidikan,
maupun kebutuhan non fisik seperti rasa aman, tentram, bahagia, damai, dan
dihargai. Sehingga secara langsung maupun tidak langsung setiap waktu dalam
kehidupan sehari-harinya akan terlibat dengan kegiatan bisnis.
Jadi
bisnis adalah pertukaran barang, jasa, atau uang yang saling menguntungkan atau
memberikan manfaat (skinner : 1992)
B.
Kebutuhan manusia
Pelaku
bisnis akan selalu melihat adanya kebutuhan dan keinginan masyarakat kemudian
mencoba untuk melayaninya sehingga konsumen tersebut kita akan mendapat
keuntungan.Di dalam memenuhi kebutuhannya sebenarnya manusia tidak hanya
berpikir tentang kuantitas saja yaitu berapa besar yang diperlukan tetapi juga
kualitas yaitu macam apa dan bagaimana barang yang diperlukan. Dalam memenuhi
kebutuhan pangan misalnya maka orang tidak hanya memikirkan asal kenyang saja,
tetapi juga perlu vitamin dan gizi yang baik dan memenuhi persyaratan hidup
sehat.
Lima
tingkatan manusia menurut teori hierarki antara lain :
1.
Fisik
Manusia memerlukan sesuatu untuk dapat hidup, kebutuhan
yang paling mendasar adalah kebutuhan tentang pangan, sandang, papan. Peluang
bisnis yang muncul terhadap kebutuhan ini adalah bisnis makanan, minuman,
pakaian, perumahan, asrama, katering, dsb.
2.
Rasa aman
Mendapat rasa aman dari gangguan yang berasal dari luar
baik terhadap dirinya maupun segala harta miliknya sepetri aman dari bencana
alam, perampokan, penyakit dsb. Peluang bisnis yang muncul terhadap peluang
bisnis ini adalah bisnis sepatu, helm, kaca mata, acsesoris mobil, peralatan
rumah tangga, obat-obatan dsb.
3.
Osial
Manusoa memerlukan pergaulan hidup, hubungan antar manusia,
dengan masyarakat dan lingkungan, kesetiakawanan, kecintaanantar sesama.
Peluang bisnis yang muncul dari kebutuhan ini adalah bisnis pendidikan,
keterampilan, olahraga, kesenian, dsb.
4.
Harga diri
Keinginan untuk menonjol, ingin penghargaan, prestise, ego
pribadi, dan lain yang dapat memuaskan hidupnya, peluang bisnis yng muncul dari
kebutuhan ini adalah pakaian trendy, prabot rumah tangga yang mewah, telepon,
tv, mobil, motor serta barang mewah lainnya.
5.
Aktualisasi diri
Kebutuhan untuk hidup mantap, percaya diri, dapat
melindingi diri sendiri, erta turunannya. Kebutuhan manusia diatas menurut
abraham maslow merupakan kebutuhan yang berjenjang mulai dari yang paling bawah
sampai yang paling tinggi, kebutuhan yang lebih tinggi baru muncul apabila
kebutuhan pada tingkat di bawahnya sudah terpenuhi.
C.
Macam- macam bisnis
1.
Berdasarkan jenis kegiatannya
a.
Bisnis ekstraktif
Kegistsn bidnis ysng bergerak dalam bidang pertambangan
dengan menggali bahan-bahan tambang yang terkandung dalam perut bumi.
b.
Bisnis agraris
Kegiatan bisnis yang bergerak di bidang pertanian,
perikanan, peternakan, perkebunan, serta kehutanan.
c.
Bisnis industri
Kegiatan bisnis yang bergerak dalam bidang industri
manufacturing.
d.
Bisnis jasa
Kegiatan bisnis yang bergerak dalam bidang jasa yang
menghasilkan produk-produk yang bersujud seperti jasa pendidikan, asuransi,
perbankan, pariwisata, kesehatan, kecantikan, dsb
2.
Berdasarkan kegunaannya
a.
Kegunaan bentuk
Bisnis yang merubah suatu benda menjsdi benda yang lain
yang berbeda bentuk sehingga menjadi lebih barmanfaat bagimanusia.
b.
Kegunaan tempat
Bisnis yang memindahkan sesuatu dari satu tempat ketempat
lain yang lebih bermanfaat.
c.
Kegunaan waktu
Bisnis yang menjalankan usaha penyimpanan dengan maksud
bahwa barang dari suatu waktu kurang bermanfaat disimpan dahulu baru pada saat
lain akan dikeluarkan bila barang tersebut sudah lebih bermanfaat.
d.
Kegunaan pemilikan
Bisnis yang menjalankan usahanya untuk menciptakan atau memenuhi
kegunaan pemilikan terhadap suatu barang atau jasa.
Emoticon