Bisnis dan kebutuhan manusia

Bisnis dan kebutuhan manusia

Part 1
A.      Pengertian bisnis
Manusia di dalam kehidupannya selalu dihadapkan pada usaha untuk memenuhi kebutuhannya baik kebutuhan fisik maupun sandang, pangan, papan, kesehatan, pendidikan, maupun kebutuhan non fisik seperti rasa aman, tentram, bahagia, damai, dan dihargai. Sehingga secara langsung maupun tidak langsung setiap waktu dalam kehidupan sehari-harinya akan terlibat dengan kegiatan bisnis.
Jadi bisnis adalah pertukaran barang, jasa, atau uang yang saling menguntungkan atau memberikan manfaat (skinner : 1992)
B.      Kebutuhan manusia
Pelaku bisnis akan selalu melihat adanya kebutuhan dan keinginan masyarakat kemudian mencoba untuk melayaninya sehingga konsumen tersebut kita akan mendapat keuntungan.Di dalam memenuhi kebutuhannya sebenarnya manusia tidak hanya berpikir tentang kuantitas saja yaitu berapa besar yang diperlukan tetapi juga kualitas yaitu macam apa dan bagaimana barang yang diperlukan. Dalam memenuhi kebutuhan pangan misalnya maka orang tidak hanya memikirkan asal kenyang saja, tetapi juga perlu vitamin dan gizi yang baik dan memenuhi persyaratan hidup sehat.
                Lima tingkatan manusia menurut teori hierarki antara lain :
1.       Fisik
Manusia memerlukan sesuatu untuk dapat hidup, kebutuhan yang paling mendasar adalah kebutuhan tentang pangan, sandang, papan. Peluang bisnis yang muncul terhadap kebutuhan ini adalah bisnis makanan, minuman, pakaian, perumahan, asrama, katering, dsb.
2.       Rasa aman
Mendapat rasa aman dari gangguan yang berasal dari luar baik terhadap dirinya maupun segala harta miliknya sepetri aman dari bencana alam, perampokan, penyakit dsb. Peluang bisnis yang muncul terhadap peluang bisnis ini adalah bisnis sepatu, helm, kaca mata, acsesoris mobil, peralatan rumah tangga, obat-obatan dsb.
3.       Osial
Manusoa memerlukan pergaulan hidup, hubungan antar manusia, dengan masyarakat dan lingkungan, kesetiakawanan, kecintaanantar sesama. Peluang bisnis yang muncul dari kebutuhan ini adalah bisnis pendidikan, keterampilan, olahraga, kesenian, dsb.
4.       Harga diri
Keinginan untuk menonjol, ingin penghargaan, prestise, ego pribadi, dan lain yang dapat memuaskan hidupnya, peluang bisnis yng muncul dari kebutuhan ini adalah pakaian trendy, prabot rumah tangga yang mewah, telepon, tv, mobil, motor serta barang mewah lainnya.
5.       Aktualisasi diri
Kebutuhan untuk hidup mantap, percaya diri, dapat melindingi diri sendiri, erta turunannya. Kebutuhan manusia diatas menurut abraham maslow merupakan kebutuhan yang berjenjang mulai dari yang paling bawah sampai yang paling tinggi, kebutuhan yang lebih tinggi baru muncul apabila kebutuhan pada tingkat di bawahnya sudah terpenuhi.

C.      Macam- macam bisnis
1.       Berdasarkan jenis kegiatannya
a.       Bisnis ekstraktif
Kegistsn bidnis ysng bergerak dalam bidang pertambangan dengan menggali bahan-bahan tambang yang terkandung dalam perut bumi.
b.       Bisnis agraris
Kegiatan bisnis yang bergerak di bidang pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan, serta kehutanan.
c.       Bisnis industri
Kegiatan bisnis yang bergerak dalam bidang industri manufacturing.
d.       Bisnis jasa
Kegiatan bisnis yang bergerak dalam bidang jasa yang menghasilkan produk-produk yang bersujud seperti jasa pendidikan, asuransi, perbankan, pariwisata, kesehatan, kecantikan, dsb
2.       Berdasarkan kegunaannya
a.       Kegunaan bentuk
Bisnis yang merubah suatu benda menjsdi benda yang lain yang berbeda bentuk sehingga menjadi lebih barmanfaat bagimanusia.
b.       Kegunaan tempat
Bisnis yang memindahkan sesuatu dari satu tempat ketempat lain yang lebih bermanfaat.
c.       Kegunaan waktu
Bisnis yang menjalankan usaha penyimpanan dengan maksud bahwa barang dari suatu waktu kurang bermanfaat disimpan dahulu baru pada saat lain akan dikeluarkan bila barang tersebut sudah lebih bermanfaat.
d.       Kegunaan pemilikan

Bisnis yang menjalankan usahanya untuk menciptakan atau memenuhi kegunaan pemilikan terhadap suatu barang atau jasa.